KesehatanKutimTerkiniTNI

Gencar Vaksin Pelajar, 98 Pelajar SD 005 Rantau Panjang Telen di Vaksin

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Akselerasi vaksinasi Covid-19 gencar dilakukan tak terkecuali bagi pelajar Sekolah Dasar anak usia 6-11 tahun. Kali ini Koramil 0909-06/Bengalon dalam wilayah tugasnya memvaksin 98 pelajar di SD 005 Rantau Panjang Kecamatan Telen, Kutim.

Dandim 0909/KTM Letkol Czi Heru Aprianto melalui Danramil Bengalon Kapten Inf Sajani L mengatakan jenis vaksinasi yang digunakan bersumber dari TNI dengan jenis Sinovac. “Ini vaksin dosis pertama, puji syukur berjalan lancar,” imbuhnya.

Selain vaksinasi anak, Koramil juga mengadakan vaksinasi bagi masyarakat umum mulai usia 12 hingga lanjut usia (Lansia) yang tersedia di sentra-sentra vaksinasi yang disediakan pemerintah ataupun lainnya.

Danramil menyebutkan efek samping setelah vaksinasi Covid-19 pada anak SD sama seperti yang dirasakan pada usia dewasa. Pada umumnya KIPI ringan dan dibagi dua, yaitu lokal dan sistemik.

“Jika timbul rasa nyeri, ngantuk, lemas, atau demam orang tua tak perlu khawatir, orang tua dapat melakukan penanganan dini jika anak mengalami KIPI. Langkah penanganan dini yang dimaksud ialah membuat anak cukup beristirahat dan minum obat penurun panas jika diperlukan.

“Upayakan agar anak mengonsumsi air putih yang cukup. Bila anak merasa nyeri di tempat bekas suntikan, usahakan tetap gerakan lengan anak dan bekas suntikan di kompres dengan air dingin,” tandasnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!