AdvetorialKutimPemerintahanPendidikanTerkini

Hardiknas, Bupati Kutim : Pendidikan Adalah Sarana Utama

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM-
Pada tahun ini, Hardiknas jatuh pada hari Minggu, (2 Mei 2021)
adapun tema peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 adalah “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.

Bupati Kutai Timur (Kutim), Ardiansyah Sulaiman memberikan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional. Ia juga menuturkan pendidikan adalah sarana utama dalam tumbuh kembang manusia karena melalui pendidikan regenerasi akan tercapai dengan sempurna.

“Pendidikan adalah ujuk tombak kesuksesan daerah. Dengan pendidikan regenerasi akan terwujud,” tuturnya.

Pada tahun 2020-2021 pendidikan mengalami krisis akibat pandemi Covid-19 proses belajar mengajar harus berubah dunia pendidikan jadi keluar dari zona nyaman. Namun dari situlah pembelajaran dapat menjadi baik, guru, keluarga, dan murid merupakan satu tim untuk menyukseskan pendidikan di era pandemi.

“Ada hikmahnya kita semua dapat menyesuaikan diri dengan keadaan, kita semua dapat lebih banyak belajar dari rumah menggunakan teknologi,” katanya.

Sekilas mengingat sejarah tentang lahirnya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) adalah hari nasional yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia untuk memperingati kelahiran Ki Hajar Dewantara, tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga pendidikan Taman Siswa yang menjadi tempat penduduk pribumi biasa untuk dapat menikmati pendidikan yang sama dengan orang-orang dari kasta yang lebih tinggi.

Tulisannya yang terkenal adalah Als Ik Eens Nederlander Was yang berarti Seandainya Saya Orang Belanda. Beliau pun akhirnya diasingkan ke Pulau Bangka oleh pihak Belanda. Hal ini karena pada masa penjajahan Belanda, pendidikan adalah hal yang sangat langka dan hanya untuk orang terpandang (keluarga priyayi) dan orang asli Belanda yang diizinkan untuk mendapatkan pendidikan.(adv/jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button