LingkunganNasionalPemerintahanSosialTerkini

Komisi V DPR RI Irwan Fecho Pantau Langsung Program Kota Tanpa Kumuh Di Kutim

JEJAK KHATULISTIWA – Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang masuk dalam daftar Kota Tanpa Kumuh. Komisi V DPR RI Irwan Fecho meninjau langsung program yang menjadi bagian program padat karya.

Irwan mengatakan program Kotaku dilaksanakan didua kecamatan yakni Sangatta Utara dan Sangatta Selatan.

“Sebenarnya tiga kecamatan, Bengalon juga namun untuk daerah sana Inshaa Allah tahun depan,” ujarnya , Minggu (26/10).

Dirinya memilih daerah Gang Pinrang, Maryam, dan Melati. Karena menurutnya daerah itulah yang kumuh bahkan daerah itu adalah kampung tua di Sangatta.

“Ada SK kumuh dari Bupati sejak 2016 dan harus ada SK nya barulah bisa dikerjakan. Ini daerah tertua jadi jangan kita lupakan itu. Nanti kita bangunkan drainase dan lain-lainnya,” pungkasnya.

Saat ini pun sudah disediakan biofil, gerobak sampah, hidran, dan sanitasi. Sementara untuk pengerjaan itu semua ditargetkan dalam waktu tiga bulan harus sudah rampung.

Ketua Swadaya Masyarakat (KSM) Mandiri, Arip Bolly menerangkan program kotaku sudah mencapai 70 persen dan akan selesai pada bulan mendatang.

“Setiap pengerjaan ditargetkan selesai dalam waktu tiga bulan. Dan itu pun dikerjakan secara swadaya oleh warga untuk warga,” tandasnya.

Masyarakat di sana pun saling bergotong royong hingga malam hari. Tak ketinggalan para ibu-ibu juga ikut serta menghias jalan dengan berbagai macam tanaman yang ditaruh dalam ban bekas sebagai pot nya. Menambah kesan yang asri dan jauh dari kata kumuh.(Fitri)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button