KutimTerkiniTNI

Lanal Sangatta Siagakan Seluruh Personel Hadapi Ancaman Bencana

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID,KUTIM- Memasuki musim penghujan yang identik dengan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor Lanal Sangatta menggelar apel siapa siaga untuk hadapi bencana alam. TNI AL Pangkalan Sangatta menyiagakan seluruh personel, tim medis, ambulans, kendaraan angkut, kendaraan taktis roda dua dan satu perahu karet.

Sebelum memimpin apel, Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr. Hanla.,M.M.,CHRMP melaporkan kepada Wadanlantamal XIII Tarakan Kolonel Marinir David Chandra Viasco,S.E.,M.M tentang situasi di wilayah kerja Lanal Sangatta terkait kondisi wilayah yang rentan terhadap bahaya banjir seperti daerah Kecamatan Muara wahau dan Kecamatan Telen namun saat ini kondisi masih terkendali karena curah hujan masih terkendali.

TNI-Polri bersinergi dengan instansi terkait seperti BPBD dan SAR. Danlanal menegaskan sangat siap digerakkan apabila terjadi bencana alam seperti banjir diwilayah Kutim.

Kesiapsiagaan prajurit Benteng Bumi Mulawarman itu digelar melalui apel dipimpin oleh Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr. Hanla.,M.M.,CHRMP secara Video Conprence (Vicon) dengan jajaran Lantamal XIII Tarakan di Mako Lanal, Jalan Malahayati Bukit Pelangi, Sangatta Utara, Kutai Timur, Kamis (18/11/2021).

Dalam amanatnya, Komandan Lanal Sangatta, mengatakan, bahwa prajurit, perahu karet dan kendaraan angkut disiagakan dan disiapkan bersinergi dengan Kodim 0909/Kutim, Polres Kutim, BPBD Kutim serta SAR Kutim untuk memberikan bantuan (evakuasi) pada saat terjadi bencana alam seperti banjir maupun tanah longsor.

“Apel gelar kesiapansiagakan ini merupakan sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada masyarakat juga sebagai darma bakti kita kepada bangsa dan negara, Lanal Sangatta sendiri telah menyiapkan di tiap Posal Posal maupun Posmat posko bencana dengan mencantumkan nomor telepon yang langsung bisa terakses agar bila terjadi suatu kejadian bisa dilaksanakan pertolongan secepatnya,” kata Danlanal.

Dengan mendirikan posko bencana yang sewaktu-waktu bisa digerakkan apabila terjadi bencana alam baik tanah longsor maupun banjir. Jika nanti terjadi banjir, prajurit harus dan sudah siap melakukan evakuasi warga yang terjebak. Tim medis juga harus siap siaga memberikan layanan kesehatan bagi warga yang membutuhkan.

“Apel kesiapsiagaan prajurit TNI AL Lanal Sangatta bertujuan untuk memeriksa dan memastikan kesiapan personel, alat, sarana dan prasarana pendukung lainnya dalam menghadapi bencana akibat faktor alam, kegiatan tersebut merupakan salah satu respon TNI AL Lanal Sangatta dalam mengantisipasi bencana alam, banjir disebabkan faktor cuaca ekstrim,” tambahnya. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button