AdvetorialKutimPemerintahanTerkini

Melantik dan Mengambil Sumpah Jabatan Fungsional Bupati Kutim : Jangan Hanya Seremonial

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID,KUTIM – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan fungsional dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim sebanyak 156 orang bertempat di Gedung Serba Guna (GSG), Ruang Akasia, Bukit Pelangi. Kamis (29/4/2021).

Jabatan fungsional adalah dalam rangka untuk memenuhi ketentuan didalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen Pegawai Negri Sipil (PNS) dan dilaksanakan berdasarkan persetujuan Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) Nomor 821/2276/OTDA Tanggal 14 April 2021 perihal persetujuan pengangkatan PNS dalam jabatan fungsional dilingkungan Pemkab Kutim.

Dalam sambutannya, Ardiansyah menyampaikan pengambilan sumpah dan janji ini diharapkan bukan hanya sekedar seremonial saja, tetapi mengandung makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang dipercayakan oleh negara kepada saudara-saudara semuanya.

“Hal ini menunjukan bahwa pemerintah mempunyai pengertian khususnya pada jabatan fungsional sehingga diharapkan akan lebih meningkatkan kinerja,” terangnya.

Nantinya, tidak akan adalagi aturan eselon 3 dan 4, kedepannya hanya ada jabatan fungsional, dan pejabat-pejabat yang memiliki kewilayahan misalnya camat, Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Kepala dinas dan sekertaris kecuali fungsional.

Pelantikan 156 orang pada jabatan fungsional hari ini terdiri dari 147 orang melalui tes CPNS tahun 2018 serta telah mendapatkan SK 100 persen sebagai ASN. Kemudian 9 orang lagi melalui inpassing 1 penyesuaian jabatan guna memenuhi kebutuhan organisasi.

“Karna mereka ini hanya staf ya mereka sudah tentu semuanya fungsional, ada hal yang menarik difungsional ini pertama karena saya juga sudah pengalaman sebagai pegawai fungsional dulu waktu masih PNS itu mudah untuk mendapatkan kenaikan pangkat, mudah dalam artian skor-skornya mudah dicari karna sesuai dengan keahliannya masing-masing,” urainya.(adv/jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!