AdvetorialKutimWisata dan Kuliner

Pantai Teluk Kaba Keindahan Yang Diapit Dua Tanjung Kecil Menghadap Selat Makassar

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Tak salah jika Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kaltim dijuluki surganya pantai yang indah. Ada begitu banyak pantai-pantai eksotis disini salah satunya Pantai Teluk Kaba. Pantai ini terletak di Jalan Poros Sangatta-Bontang.

Pantai Teluk Kaba yang masih terletak dalam kawasan Taman Nasional Kutai (TNK) merupakan salah satu objek wisata alam pantai yang masih asli. Hutan-hutan disekitar lokasi tampak masih belum tersentuh oleh penduduk dan pendatang.

Seperti yang dipaparkan Kepala Seksi Objek Wisata Kutim Akhmad Rifanie. Daya tarik yang menonjol pada lokasi tersebut adalah pemandangan panti dan laut yang diapit oleh dua tanjung kecil menghadap ke Selat Makasaar.

“Pantai ini tidak mempunyai dataran landai seperti pantai pada umumnya namun dapat menjadi satu ciri khas dari Pantai Teluk Kaba. Adanya hutan bakau di sekitar lokasi menambah suasana taman nasional lebih terasa,” paparnya.

Di Teluk Kaba ini pula terdapat sebuah perkampungan kecil yang dihuni oleh nelayan dan petani rumput laut. Tepatnya di Desa Kandolo yang masih masuk dalam lingkup Taman Nasional Kutai.

“Dari perkampungan ini kita juga dapat menyewa perahu untuk diantarkan ke Pantai Teluk Kaba juga ada Pantai Sangkima dengan pasir putih dan rimbunnya hutan bakau yang masih terjaga sangat asri tentunya,” ungkap Rifanie.

Ketika memasuki wilayah Teluk Kaba pengunjung akan disuguhi dengan aktivitas masyarakat. Mereka akan memanen rumput laut dua bulan sekali, rumput laut yang dipanen biasanya akan dipasarkan dalam bentuk kering karena nilai jual rumput laut kering lebih tinggi.

“Kalau datang kesana pengunjung bisa membawa buah tangan atau oleh-oleh khas Teluk Kaba yang murah yakni rumput laut,” pungkas Rifanie.

Pemandangan alam yang asri sangat cocok digunakan sebagai spot foto yang instagenik. Tak heran jika banyak pengunjung yang datang ke destinasi wisata ini untuk mengabadikan momen-momen indah saat berada di pantai ini.

“Banyak saja yang datang untuk camping, snorkeling, diving, atau sekedar hunting foto karena memang tempatnya bagus,” tambahnya.

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!