AdvetorialKutai TimurTerkini

Pasca Pandemi, BUMdes Sangut Bangkit Geliatkan Ekonomi Kerakyatan

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Pasca pandemi Covid-19 perlahan namun pasti ekonomi kerakyatan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) mulai bangkit. Teranyar acara Syukuran BUMdes Sangatta Utara (Sangut) dan Bazaar UKM Taman Bersemi resmi dibuka oleh orang nomor satu di Kutim. Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut akan dapat kembali geliatkan ekonomi kerakyatan yang sudah cukup lama mati suri akibat Covid-19.

“Kami pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan BUMDes ini, dan sebenarnya Taman Berseri atau ex Taman STQ ini kami tunjuk BUMDes untuk menjadi pengelolanya,” ungkapnya saat sambutan di pembukaan Bazar Taman STQ, Sangatta Utara, Selasa (5/7/2022), Malam.

Bazaar UKM Taman Bersemi akan dilaksanakan mulai dari tanggal 5 Juli hingga 23 Juli 2022 mendatang. Adanya bazaar ini diyakini akan menyerap ribuan pengunjung baik dari dalam Kota Sangatta maupun luar kota.

Selanjutnya, ia juga merasa senang kepengurusan BUMDes yang baru telah mengadakan kegiatan yang menurutnya luar biasa itu. Pasalnya, di kondisi pasca pandemi Covid-19 ini, Kutim termasuk salah satu wilayah yang sedang melakukan pemulihan ekonomi.

“Karena memang sekarang kita berusaha untuk mengembalikan ekonomi kerakyatan ini melalui kegiatan-kegiatan seperti ini (bazar),” terangnya.

Namun, ia juga berpesan untuk seluruh masyarakat tetap waspada terhadap Covid-19 karen belum selesai.

Ardiansyah merasa bersyukur dalam beberapa hari terakhir ini sudah mulai ada kegiatan ekonomi kerakyatan sudah mulai muncul, mulai dari Sangatta Bazaar Fair, Lokal Market dan sekarang Bazaar Taman Beresemi.

“Kita harapkan dengan kondisi yang pelan-pelan sudah mulai pulih kita mengundang semua pelaku ekonomi di dalam kesempatan yang ada ini, karena kegiatannya resmi saya minta ada catatan transaksinya,” ucapnya.

Tujuannya untuk mengukur sejauh mana keberlangsungan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh masyarakat yang lain. Hal itu dapat menjadi barometer Dinas Koperasi dan UMKM (Diskop UMKM) dan Camat Sangatta Utara untuk memonitoring kegiatan itu.

“Kemarin ketika Sangatta Bazar Fair itu satu malam Rp 425 juta transaksi per malam, sehingga selama 8 hari bisa dihitung berapa milyar yang terjadi,” pungkasnya.

Sebelumnya dilaporkan oleh Ketua Panitia Bazaar Taman Berseri, Gunawan agenda tersebut diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya lomba karaoke dan lomba memasak dari lapak ke lapak.

“Kegiatan ini didukung oleh teman-teman Samarinda Bontang, pelaku UMKM mandiri dan lapak UMKM BUMDes,” tandasnya. (ADV/Kominfo/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button