AdvetorialBisnis todayKutai TimurKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Gekraf, Mitra Utama Pelas Tanah 7 Sukses Gandeng Pelaku UMKM

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID – Gerakan Ekonomi Kreatif (Gekraf) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang menjadi salah satu mitra utama dalam acara Pesta Adat Pelas Tanah 7 sukses menggandeng para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Sangatta khususnya. Sesuai namanya Gekraf Kutim ditempa
untuk membangkitkan kembali perekonomian di daerah yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, sekaligus mendukung “Gerakan Bangga Buatan Indonesia” yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Alhamdulillah setidaknya ada 55 pelaku UMKM yang bergabung pada acara Expo Pelas Tanah 7 kali ini. Sesuai namanya jadi para pelaku UMKM harus lebih kreatif menciptakan nilai tambah dan membuat perbedaan produk dengan lainnya,” ujar Rustam Effendi Lubis Ketua Gekraf Kutim.

“Bersama melestarikan kearifan lokal” membuat Gekraf harus lebih serius menjadi penggerak bagi para pelaku UMKM selain kreativitas dan keunikan produk. Menurutnya, saat ini dunia perdagangan sudah memasuki era hilirisasi dan digitalisasi, maka pelaku ekonomi kreatif di Kutim harus bisa mengikuti perkembangan zaman dengan mengubah pola pikir dan orientasi produksi menuju hilirisasi dan digitalisasi.

Dari hasil riset atau kajian terkait pengembangan ekonomi kreatif di Kalimantan Timur yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kaltim ada tiga kota/kabupaten yang menonjol perkembangan pelaku ekonomi kreatifnya yakni Samarinda dengan kuliner dan musik, Balikpapan dengan digitalisasi dan kuliner, kemudian Tenggarong Kutai Kartanegara dengan perfilman dan seni budaya.

“Hendaknya kita mencontoh dari daerah lain yang memiliki ikonnya tersendiri. Kutim ini kan kaya akan keunikannya nah, potensi itulah yang harus kita gali untuk menonjolkan kreativitas kita, pelaku ekonomi kreatif harus ditingkatkan pengetahuan dan pengalamannya melalui pendidikan dan pelatihan guna meningkatkan kreativitas sehingga tercipta produk unik yang menjadi pembeda kreativitas,” tambahnya.

Dengan memperbanyak event ekonomi kreatif, pengalaman dalam mengikuti event promosi produk akan menciptakan nilai tambah tersendiri bagi pelaku ekonomi kreatif. Para pelaku UMKM atau ekonomi kreatif juga akan teruji dengan mengikuti berbagai event promosi produk, bagi pelaku ekonomi kreatif tidak ada kata kegagalan, karena semua berproses dan akan menemukan titik keberhasilan.(jk)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!