KutimSangatta

SDN 010 Berkegiatan di Kanal Park Sangatta, Guru Anggap Lokasinya Ideal

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Sebanyak hampir 100 siswa dari SD Negeri 010 Sangatta Utara antusias mengikuti kegiatan praktik berenang dalam Pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan dengan tujuan mengajari siswa-siswa teknik dasar berenang itu dilaksanakan di Kanal Park Sangatta pada Jumat (8/3), pagi,

Kegiatan P5 bidang studi PJOK kali ini diikuti siswa-siswa kelas 5A sampai SD, sebelum itu SD Negeri 010 Sangatta Utara sudah melancarkan sejumlah praktik. Diantaranya untuk kelas 1-4 secara berkala diajari membatik kemudian kelas 5, selain belajar berenang hari ini, juga telah menganyam.

Wali Kelas 5B SD Negeri 010 Sangatta Utara, Hj Rusdiana, mengatakan khusus untuk P5 saat itu siswa diberikan kesempatan untuk menambah keterampilan berenang melalui praktik langsung di air. Para siswa didampingi tiga guru PJOK ditambah empat pengajar dan bagian tata usaha turut mengawasi.

Foto: Siswa SD Negeri 010 Sangatta Utara melakukan senam sebelum berenang. (Jejak Khatulistiwa)

“Mengajari siswa belajar sekaligus mempraktikkan teknik-teknik berenang yang benar dan aman,” katanya.

Menurutnya praktik berenang saat itu terbilang efektif untuk proses belajar siswa karena sesudah mengetahui teori kemudian mempraktikkannya. Ditanya mengapa memilih Kanal Park Sangatta sebagai tempat praktik, bilangnya lokasi di sana ideal untuk kegiatan P5 bidang studi PJOK. Dengan fasilitas yang memadai dan kondisi air yang aman, para siswa dapat belajar berenang dengan baik.

“Jadi tidak hanya teori saja,” ujarnya.

Ia menambahkan, siswa yang mengikuti praktik telah mendapatkan persetujuan dari orang tua masing-masing melalui surat izin pihaknya. Menurutnya melalui pelajaran proyek P5 ini, siswa tidak hanya paham akan nilai-nilai Pancasila, tetapi juga memperoleh keterampilan yang bermanfaat seperti berenang.

Para orang tua siswa juga turut mendukung kegiatan ini dengan memberikan izin, salah satunya Rustam (54). Ia mengakui pentingnya keterampilan berenang sebagai bagian dari pembentukan karakter.

“Kesini juga sambil lihat anak,” tandasnya. (JK)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!