KutimLingkunganTerkiniWisata dan Kuliner

Secara Swadaya Masyarakat Bersihkan Akses Menuju Wisata Danau Luah Putih

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTIM- Meningkatnya kesadaran masyarakat Desa Persiapan Kelinjau Tengah Kecamatan Muara Ancalong patut di acungi jempol. Tidak adanya anggaran maka secara swadaya masyarakat sekitar pun melaksanakan kegiatan gotong royong dalam mewujudkan program pembangunan dan pengembangan sentra perekonomian melalui sektor perikanan dan pariwisata.

Bertempat di Jembatan Luah Putih RT 04 puluhan masyarakat berkumpul.Masyarakat ramai memangkas rerumputan yang tebal dipinggir jalan atau jembatan kayu, dan membersihkan jalan masuk menuju Danau Luah Putih.

“Ini murni upaya dan swadaya masyarakat yang didukung TNI, Yayasan Yasiwa-Ulin, dan Kecamatan Muara Ancalong,” imbuh Sabran Nete Pj Kepala Desa Persiapan Kelinjau Tengah, beberapa waktu lalu.

Sabran Nete berharap kepada pihak Pemerintah Kabupaten Kutim agar segera melakukan normalisasi danau, karena ada beberapa sektor wisata yang nantinya akan dikembangkan berupa wisata perahu, pemancingan, spot swafoto, kuliner ikan air tawar khas Danau Luah Putih, panggung hiburan, teman bermain anak, area kemping, dan kemah pramuka.

“Khusus panggung hiburan nantinya akan menampilkan budaya daerah,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah melalui Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kutim Akhmad Rifanie mengatakan bahwa pihaknya mendukung dan merespon kegiatan positif yang dilakukan masyarakat sekitar demi berkembangnya wisata Danau Luah Putih yang cantik dan unik.

“Intinya kita mendukung pengembangan wisata diseluruh Kutim.Karena dari dampak wisata bisa membentuk ekonomi kreatif dan memberdayakan serta mensejahterakan masyarakat,” ungkap Rifanie.

Rifanie mengakui, bahwa Danau Luah Putih sangat memiliki potensi wisata yang mumpuni, selain memiliki sumber mata air tawar yang luas juga banyak nilai positifnya sebagai penunjang bahwa Danau Luah Putih sangat layak di jadikan wisata unggulan.

“Pembersihan, ditata dan dikelola pasti wisatawan akan berdatangan dengan sendirinya baik wisatawan setempat ataupun dari kecamatan lainnya,” pungkas Rifanie.(JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button