AdvetorialBudayaKutimTerkiniWisata dan Kuliner

Tarian Hudoq, Kesenian Tari Barongan Khas Dayak

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID KUTIM-
Tarian Hedoq atau lebih dikenal Hudoq adalah sejenis festival tarian ungkapan rasa syukur yang digelar oleh suku Dayak Kalimantan . Tarian ini menggunakan topeng dan kostum yang khas oleh sebab itu tarian hudoq termasuk dalam kesenian barongan.

Seluruh tubuh penari hudoq tertutup busana yang terbuat dari kulit pohon, dihiasi rumbai daun pisang, dan ada pula yang menggunakan daun kelapa juga dilengkapi dengan topeng berbulu yang menyerupai kepala berbagai binatang, dan tongkat kayu yang dipegang di tangan kanan.

Di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) khususnya Kecamatan Muara Wahau, dalam setiap tahunnya masyarakat suku Dayak diwilayah ini merayakan pesta adat atau Lom Plai suku Dayak Wehea.

“Tarian ini dipercaya sebagai tarian jin yang dapat membantu manusia. Hedoq/Hudoq ini dipercaya sebagai jin yang berasal dari bawah air, dari atas tanah, dan dari khayangan,” ungkap Kepala Seksi Objek Wisata, Akhmad Rifanie saat dikonfirmasi.

Tarian Hedoq/Hudoq bisa dimainkan oleh pria maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa. Tarian ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit tertentu serta mendatangkan semangat atau roh padi.

“Tujuan dari tarian ini sebenarnya agar pada musim tanam berikutnya padi tumbuh subur dengan bulir yang lebat dan berisi,” imbuhnya.

Dalam tarian ini juga menyajikan makanan berupa ketupat serta pisang yang merupakan sedekah bagi para dewa agar bermurah hati menganugerahkan (melimpahkan) rezeki dan padi yang baik pada tahun yang akan datang.(Adv/Jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!