Kutai TimurTerkiniTNI

The Mangrove Save Our Earth Lanal Sangatta Tanam 7700 Bibit Mangrove

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID- Memperingati Hari Mangrove Sedunia tahun 2022, dengan tema Mangrove Save Our Earth Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin, M.Tr.Opsla beserta personilnya
melakukan penanaman 7700 bibit mangrove di kawasan pesisir Pantai Kenyamukan, Sangatta Utara, Kutim. Selasa (26/7/2022).

Penanaman ribuan pohon Mangrove yang dilakukan Lanal Sangatta ini bekerjasama dengan Bupati Kutim, Ketua DPRD Kutim, unsur Forkompinda,
organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan Saka Bahari Kutim.

“Berdasarkan perintah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam rangka pelaksanaan kegiatan penanaman Mangrove Nasional serentak tahun 2022
penanaman pohon mangrove dilakukan secara serentak di 77 titik seluruh Indonesia, yang diselenggarakan secara Vicon oleh TNI AL dalam rangka Hari Mangrove Sedunia dengan tema “THE MANGROVE SAVE OUR EARTH,” jelas Danlanal Letkol Laut (P) Shodikin, M.Tr.Opsla.

Danlanal menjelaskan dengan melestarikan hutan Mangrove memiliki fungsi yang sangat besar bagi lingkungan hidup diantarnya sebagai tumbuhan yang mampu menahan arus air laut yang mengikis daratan pantai, dengan kata lain tumbuhan Mangrove mampu untuk menahan air laut agar tidak mengikis tanah di garis pantai.

Kawasan hutan Mangrove memiliki fungsi untuk menyerap semua kotoran yang berasal dari sampah manusia maupun kapal yang berlayar di laut. Dengan adanya hutan Mangrove bagi kehidupan akan menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih.

“Jelas manfaatnya hutan Mangrove secara umum adalah sebagai paru-paru dunia, sumber ekonomi, habitat flora dan fauna, hingga pengendali bencana,” pungkasnya.(jk)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button