KaltiimKutimNasionalTerkini

Uji Glagaspur, Danlanal : Prajurit Harus Siap Hadapi Segala Ancaman

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID,KUTAI TIMUR – Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, S.T., M.Tr.Hanla., M.M., CHRMP berikan semangat dan mengasah kembali kemampuan dalam uji terampil Glagaspur PI / P2 oleh Tim Kolat Koarmada ll Surabaya. Uji Terampil Glagaspur ini bertujuan untuk mewujudkan standarisasi kemampuan personel dan satuan yang profesional, handal guna mendukung tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut yang harus siap hadapi segala ancaman.

Dikatakan Danlanal, bahwa penyelenggaraan kegiatan uji terampil Glagaspur ini sangat penting. Karena hal ini merupakan tolak ukur dari kemampuan perorangan maupun kelompok yang dimiliki oleh prajurit.

“Mengasah kemampuan secara umum dalam kerjasama antara bagian satu dengan lainnya. Untuk melaksanakan peran-peran terkait dengan tugas pokok dari pangkalan itu sendiri,” kata Danlanal (18/03/2022).

Materi diberikan tim uji dari Komando Latihan Armada RI Kawasan Timur/Kolatarmatim oleh Kolonel Laut (P) Mulyadi, S.E. M.Tr.Opsla. CRMP. (Katim) didampingi Letkol Laut (P) Woody Oktavia (Wakatim), Mayor Laut (P) Sugeng Subagiono dan lima anggota penguji.

Adapun uji terampil terakhir kata Danlanal yakni melaksanakan peran tempur bahaya umum, dengan simulasi adanya penyerangan Mako Lanal Sangatta oleh kelompok separatis bersenjata yang berhasil dilumpuhkan dan peran tempur bahaya udara.

“Kemudian dideteksi adanya pesawat yang akan menyerang diteruskan dengan peran kebakaran akibat dari serangan pesawat lawan, api dapat dipadamkan segera oleh gabungan personel Lanal Sangatta dibantu tim PMK Kota Sangatta dengan satu unit kendaraan Damkar,” terang Danlanal usai meninjau uji terampil Glagaspur di Mako Lanal Sangatta.

Ditambahkan, jika pada dasarnya uji terampil Glagaspur bertujuan untuk menjaga kondisi kesiapan tempur prajurit matra laut. Kecakapan prajurit akan dinilai dari tingkat paling dasar yaitu tugas dan tanggung jawab pada pos tempurnya masing-masing. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button