AdvetorialKutai TimurTerkini

Wabup Kutim Usulkan Tambahan SLTA Baru di Kutim

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR- Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang mendorong Dinas Pendidikan (Disdik) untuk berkoordinasi dengan UPTD Disdikbud Provinsi Kaltim yang ada di Kutim untuk menambah pembangunan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA). Pasalnya, hampir seluruh siswa lulusan SMP di Kutim khususnya di wilayah perkotaan masih kekurangan ruang kelas untuk jenjang SMA/SMK.

“Masyarakat itu mendambakan sekolah SLTA, karena sangat penting bagi masyarakat guna meneruskan pendidikan anak-anak di wilayah tersebut,” ucap Kasmidi Bulang. Senin (11/7/2022).

Awalnya, ia menerima banyak laporan dari masyarakat terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang ada di Kutim untuk tingkat SMA/SMK. Seharusnya, penambahan gedung SMA/SMK juga diperhatikan karena sejalan dengan pertumbuhan penduduk di Kutim.

“Pembangunan dibidang pendidikan, merupakan bagian kebutuhan hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi, terkhusus juga bagi anak-anak di beberapa desa di wilayah Kabupaten Kutim,” pungkasnya.

Pertambahan jumlah penduduk tegas Kasmidi itu harus berjalan lurus dengan sekolah, untuk tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama sudah benahi, tapi untuk tingkat SLTA butuh koordinasi yang baik dengan provinsi.
“Sehingga perlu penambahan rombel-rombel atau sekolah baru untuk menampung siswa lulusan SMP kita,” imbuhnya.

Pun demikian, bila dibangun SLTA baru harus dicari tempat yang strategis agar mudah dijangkau anak-anak sekolah. Sehingga membawa dampak positif dengan menyediakan wadah bagi lulusan SMP untuk melanjutkan pendidikan.

Sementara itu, Plt Kepala Disdik Kutim, Irma Yuwanda mengaku telah mengusulkan rombel ataupun sekolah baru untuk tingkat SLTA ke pihak Disdik Provinsi Kaltim.

“Kami sudah konsultasi dengan Disdikbud Provinsi (Kaltim) untuk menambah rombel atau sekolah baru tingkat SMA sederajat namun belum ada masuk di dalam perancangan RKPD Disdik Provinsi,” akunya. (ADV/JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!