Kutai TimurTerkini

180 Murid SMK Negeri 1 Bengalon Ikut Latihan PBB

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR- Instruktur Peraturan Baris Berbaris (PBB) Pelda Heri Lumare dan Serka Bambang AK jajaran Koramil 0909-06/Bengalon Kodim 0909/KTM berikan pelatihan bela negara berupa baris berbaris latihan fisik ini guna menanamkan disiplin, patriotisme, tanggung jawab serta membentuk sikap lahir dan bathin yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu.
Dengan diikuti sebanyak 180 murid SMK Negeri 1 Bengalon khusus untuk siswa-siswi kelas 10.

Latihan yang diberikan bukan hanya sekedar Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Penghormatan dan Dasar-dasar Kedisiplinan serta latihan tata upacara bendera. Tetapi juga melatih muda mudi bangsa agar menerapkan nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

“Selain itu mereka juga dapat pembekalan nilai-nilai pengamalan Pancasila dan sejarah perjuangan bangsa,” imbuh Danramil 0909-06/Bengalon Kapten Inf Sajani P Lumbantoruan. Jumat (15/7/2022).

Dalam praktik materi, diawali dengan memberikan contoh gerakan agar dapat dilihat dan diikuti oleh siswa. Selanjutnya di beri instruksi dan menilai gerakannya, jika masih salah maka akan di koreksi dan diulangi lagi sampai benar.

Para siswa pun terlihat antusias kata Danramil, dengan pelatihan yang diberikan oleh Babinsa. Saat mempersembahkan teori mereka untuk memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan oleh Babinsa dan juga pada saat praktek mereka pun terlihat bersemangat mengikuti gerakan demi gerakan yang dipraktekkan.

“Ada 12 gerakan dasar dari PBB yang kita berikan kepada mereka mulai dari sikap sempurna, istirahat ditempat, lencang depan, lencang kanan, hadap kiri, hadap kanan, balik kanan, hadap serong kanan, hadap serong kiri, berhitung, hormat dan jalan ditempat,” jelasnya.

Dalam PBB juga ada aba-aba petunjuk, peringatan, dan pelaksanaan. Latihan PBB juga memiliki manfaat yang sangat berguna bagi anak-anak sekolah. Yaitu, melatih daya konsentrasi, melatih kekompakan dalam gerakan, belajar mendengar aba-aba perintah, dan patuh serta belajar untuk mengatur emosi.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Bengalon, Guru Kesiswaan, dan Osis SMK Negeri 1 Bengalon. Giat pun selasai pukul 10.45 Wita. (JK)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
error: Content is protected !!