AdvetorialTNI

Mabisaka dan Pimpinan Saka Pramuka Bahari Kutai Timur Dilantik, Danlanal Harap Pengurus Jadi Teladan

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KUTAI TIMUR – Sebanyak belasan orang dilantik menjadi pengurus Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Pramuka Bahari dan Pimpinan Satuan Karya Pramuka Bahari tingkat cabang Kutai Timur serta Dewan Saka Bahari masa bakti 2021-2026.

Terpusat di Markas Komando TNI Angkatan Laut Sangatta, pada Selasa, (13/2), siang, seluruh pengurus telah resmi mengemban amanah. Hal itu ditandai dengan penandatanganan naskah pelantikan dan ikrar oleh Sekretaris Kwartir Cabang Gerakan Pramuka serta Ketua Mabisaka Kutai Timur.

Pada kesempatan itu, Komandan Lanal (Danlanal) Sangatta Letkol Laut (P), Rudi Iskandar, menjelaskan pramuka saka bahari mempunyai ciri khas matra laut yang ditekankan pada kesadaran wawasan nusantara. Termasuk jiwa kebaharian serta aspek aspek pembinaan mental kejuangan sebagai bangsa maritim.

Dalam hal ini, lanjutnya, di tengah era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi informasi kemudian adanya pengaruh negatif dari luar yang bisa mengganggu mental hingga prilaku generasi muda saat ini. Maka kehadiran organisasi seperti pramuka, dapat menjadi salah satu wadah untuk membangun mental juang.

“Juga meningkatkan moral dan prilaku anak muda di tengah-tengah serbuan negatif tersebut. Sesungguhnya pemuda yang lahir lalu besar di wilayah kepulauan memiliki karakter dan mental kuat, terutama jiwa baharinya,” jelasnya.

Danlanal Sangatta. (Foto: Istimewa)

Danlanal meyakini apabila generasi muda diarahkan dengan baik dan benar sesuai dengan potensi yang dimiliki. Beberapa tahun kedepan berpotensi satu maupun lebih diantara generasi tersebut bakal menjadi jauh lebih baik dari saat ini.

Atas dasar itu pula ia berharap pengurus yang sudah dilantik bisa jadi teladan untuk generasi muda. Di samping harapan tersebut, pihaknya juga tak meragukan bahwa mereka mampu berkontribusi pada pembangunan kelautan dan perikanan di Kutai Timur.

Kemudian, harapnya lagi, di masa mendatang melalui wadah Saka Bahari akan memberikan kesempatan bagi Pramuka Penegak Pandega yang ada di wilayahnya supaya dapat bergabung. Agar belajar mendalami ilmu kelautan hingga kebaharian.

“Mudah-mudahan dengan kepengurusan Saka Bahari yang baru ini gerakan Pramuka Cabang Kutai Timur bisa lebih meningkat lagi dan dapat mencetak generasi muda bagi tunas bangsa yang lebih baik dan bertanggung jawab,” tandasnya.

Untuk diketahui, saat itu dilakukan penyerahan tanda penghargaan dari peserta sailing camp tahun 2022 kepada Mabisaka. Kemudian penyerahan tanda penghargaan dari Pelayaran Lingkar Nusantara Sail Cendrawasi tahun 2024 Saka Bahari Kutai Timur, yang diserahkan oleh Mabisaka kepada Kwarcab Kutai Timur. Ditambah lagi pemberian penghargaan untuk Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bontang, SMA Katolik Santo Yosep, SMA Negeri 1 Bengalon, SMA Negeri 1 Sangkulirang dan SMA 1 Manubar.

Berikut susunan pengurus Mabisaka Pramuka Bahari tingkat cabang Kutai Timur:

Ketua : Komandan Lanal Sangatta Letkol Laut (P) Rudi lskandar, S.E., M.Tr.Opsla.
Wakil Ketua I : Palaksa Lanal Sangatta Mayor Laut (P) Rocki Evika Ishrak
Wakil Ketua ll : Kadishub Kutim
Joko Suripto.
Wakil Ketua llI : Kepala Cabang Disdik wilayah II, I Ketut Puriata.

Ketua Harian : Kasi Lalin Dishub Kutim, Zulkarnian.
Sekretaris : Kepala KSOP Sangatta, Amir Pangi.
Anggota : Baglinla KSOP Sangatta,
Wawan Hermawan

Pimpinan Satuan Karya Pramuka Bahari Kutai Timur:

Ketua : Kapten Laut (P) Irsanuli Nasution
IWakil Ketua I : Lettu Laut (E) Randa Setiawan, S. Tr.Han
Wakil Ketua lI : Lettu Laut (P) Triyono
Pelaksana Harian : Sertu Bah Hendi Wibawa.
Sekretaris : Serda Pdk Annisa Revina Purnama.
Bendahara : Rusna Dewi.

Bidang Pendidikan dan Pelatihan : Serda Bah M. Syamsu Rijal Ramli dan Kls Bah Erwin S. Simbolon.
Bidang Organisasi dan Personil: Serda Djoko H dan Serda Samsuri.

Pamong Saka Putra:
1. Hendrawan Riki Prihanto
2. Koeswono
3. Amir Machmud
4. Ardiansyah
5. Irpansyah
6. I Ketut Suyatre, S.S., B. Th., M.Pd
7. Zainal Fahmi, S.Pd
8. Raden Gusti Lolopayung
9. Tri Puji Santoso
10. Ariadi Jamal Arsyad, SM.

Pamong Saka Putri:
1. Norjannah.SE.M.Pd
2. Linatul Khoriroh

(JK)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!