AdvetorialKaltiimParlementerTerkini

Legislator DPRD Kaltim Harapkan Guru Bisa Pahami Kebutuhan Siswa Untuk Atasi Learning Loss

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID, KALTIM- Puji Setyowati Legislator dari Partai Demokrat meminta agar guru dapat memahami kebutuhan siswa dalam mengatasi fenomena Learning Loss atau lebih dikenal dengan istilah mengacu pada hilangnya pengetahuan dan keterampilan baik secara umum atau spesifik. Atau terjadinya kemunduran proses akademik karena suatu kondisi tertentu.

Hal itu dipicu oleh sejumlah faktor. Utamanya karena siswa terlalu lama belajar dengan metode daring. Akhirnya, butuh waktu agar siswa bisa kembali menyesuaikan diri untuk mengerti mata pelajaran di pembelajaran tatap muka (PTM).

Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Puji Setyowati pun angkat suara. Dirinya mengimbau agar guru bisa membangun suasana dan membuat siswa interaktif saat belajar. Puji menyebut, seorang tenaga pengajar harus paham apa yang dibutuhkan oleh siswanya.

“Bayangkan saja siswa tidak ada tatap muka hampir 2 tahun. Memang harus step by step, mulailah dari mengembangkan daya pikir siswa,” ungkap Puji kepada awak media.

Bagi Puji, sangatlah penting jika guru mampu melakukan beberapa tahapan agar mampu merangsang kebiasaan belajar siswa seperti sebelum pandemi datang. Dalam hal ini, bisa dikatakan siswa harus dikenalkan kembali. Pendidik juga harus mempunyai growth mindset yakni pemikiran yang bertumbuh dan berkembang sesuai keberlangsungan di era digital.

“Kemudian pembelajaran apa yang harus dimulai dulu, lalu apa yang bisa menyesuaikan di kelas. Sehingga siswa memulai tahapan itu dengan terlatih,” tambah Puji.

Harapannya, jika guru-guru bisa menjalankan tahapan itu, maka dirinya optimistis learning loss bisa diatasi. Meski begitu, PTM yang harus melaksanakan protokol kesehatan juga tetap diperhatikan. Hal ini untuk menghindari penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah.

“Mudahan mendekati normal jangan sampai ada klaster baru,” tutupnya. (YN)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!