KaltiimKutimTerkini

Pertahankan Kemampuan Tempur, Prajurit Lanal Sangatta Ikuti Uji Glagaspur P1-P2

JEJAKKHATULISTIWA.CO.ID,KUTIM – Untuk mengukur tingkat kemampuan melaksanakan tugas secara profesional dan pertahankan kemampuan tempur Pangkalan TNI AL Sangatta laksanakan uji terampil Gladi Tugas Tempur (Glagaspur) P1-P2 di hari pertama. Kamis (17/3/2022).

Bertempat di Mako Lanal Sangatta Kolat Koarmada ll, uji Glagaspur P1/P2 direncanakan akan digelar selama dua hari dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Mulyadi, S.E. M.Tr.Opsla. CRMP. (Katim) didampingi Letkol Laut (P) Woody Oktavia (Wakatim), Mayor Laut (P) Sugeng Subagiono dan lima anggota penguji.

Adapun materi yang diujikan pada hari pertama yaitu uji tulis, Cross Country (CC), PDD khas, bongkar pasang senjata, peluit, tali temali, kirim terima berita isyarat sinar atau morse dan semaphore, menembak laras panjang dan pistol, dan persemayaman, serta pemakaman.

Dalam kesempatannya, Palaksa Mayor Laut (P) Herwanto, S.E., M.Tr.Opsla., M.M. yang mewakili Danlanal Sangatta mengatakan uji terampil Glagaspur setiap tahun dilaksanakan guna menguji keterampilan dan ketangkasan prajurit sebagai tolak ukur tingkat kesiapan operasional satuan.

“Kecakapan prajurit akan dinilai dari tingkat paling dasar yaitu tugas dan tanggung jawab,” imbuhnya.

Melalui kegiatan ini kata Palaksa untuk mengukur standarisasi kemampuan dan satuan personel yang handal dapat terwujud. Karena dengan kemampuan dapat mendorong dan mendukung tugas pokok serta fungsi TNI AL.

“Dengan uji Glagaspur sebagi persiapan kita juga dalam mengahadapi segala bentuk ancaman baik itu dari dalam maupun dari luar,” kata dia.

Palaksa juga berharap semoga prajurit Lanal Sangatta kedepannya nanti akan lebih meningkatkan keprofesionalan dalam menghadapi tugas yang semakin kompleks dan dinamis. Didamping itu Lanal Sangatta pun mengapresiasi tim uji terampil yang telah memberikan pelatihan kepada personel Lanal Sangatta.

“Terus berlatih, asah kemampuan, lebih baik mandi keringat di medan latihan, dari pada mandi darah di medan pertempuran” tutup Palaksa. (JK)

Editor

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!