KesehatanNasionalPemerintahan

Tahap Pertama, Sebanyak 2.720 Vaksin Sinovac Akan Tiba Dikutim. Berikut Sasaran Utamanya

Jejak Khatulistiwa.co.id, Sangtta – Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kaltim mendapatkan jatah vaksin sinovac sebanyak 2.720 dosis.

Pada tahap awal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kutim, Bahrani Hasanal yang menjadi sasaran prioritas ialah TNI-POLRI, Tenaga Kesehatan dan Tokoh Publik.

“Vaksinnya akan didistribusikan ke kabupaten dalam waktu 1-2 hari kedepan. Kemudian kita bagikan ke tiap kecamatan yang ada di Kutim dan itu membutuhkan waktu lagi. Vaksin akan segera dilaksanakan jika semua sudah siap,” terang Bahrani dalam pesan singkatnya via WhatsApp. Selasa (5/1/2021).

Sementara pada tahap berikutnya akan didistribusikan bagi wartawan dan lainnya.

“Untuk tahap awal ini yang utama para pejuang digarda terdepan dahulu, kemudian barulah yang lain jika itu ada arahan dari pusat,” tambahnya.

Sebagai informasi, coronavac atau vaksin sinovac mengandung virus SARS-CoV-2 inaktif atau dimatikan. Vaksin ini dipercaya dapat menghasilkan antibodi didalam tubuh.

Namun, bagi seseorang yang mengalami beberapa kemungkinan seperti suhu tubuh diatas 37,5 derajat celcius, tekanan darah 140/90, pernah menderita Covid-19, sedang hamil atau menyusui, menderita gejala ISPA dalam tujuh hari terakhir, memiliki riwayat alergi berat, penyakit ginjal, reumatik, sakit saluran penceranaan kronis.

Menderita penyakit diabetes melitus DM tipe 2 terkontrol dan HbA1C di bawah 58 mmol/mol atau 7,5%, dan penyakit paru maka disarankan agar vaksin ditunda ataupun tidak diberikan.(Fitri)

admin2

Menyajikan berita yang aktual dan terpercaya

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!